Senin, 20 Januari 2014

Kemerdekaan dan Republik

Kemerdekaan dan Republik
Malta bergabung dengan Uni Eropa pada tahun 2004 dan menandatangani Perjanjian Lisbon pada tahun 2007 .

Malta mencapai kemerdekaannya pada tanggal 21 September 1964 ( Hari Kemerdekaan ) setelah negosiasi intens dengan Inggris , yang dipimpin oleh Perdana Menteri Malta George Borg Olivier . Berdasarkan konstitusi 1964 yang , Malta awalnya ditahan Ratu Elizabeth II sebagai Ratu Malta dan dengan demikian Kepala Negara , dengan Gubernur Jenderal menjalankan kewenangan eksekutif atas namanya . Pada tahun 1971 , Partai Buruh Malta yang dipimpin oleh Dom Mintoff memenangkan Pemilu , sehingga Malta menyatakan dirinya sebuah republik pada tanggal 13 Desember 1974 ( Hari Republik ) dalam Persemakmuran , dengan Presiden sebagai kepala negara . Sebuah perjanjian pertahanan yang ditandatangani segera setelah kemerdekaan ( dan re -negosiasi pada tahun 1972 ) berakhir pada tanggal 31 Maret 1979.

Malta mengadopsi kebijakan netralitas pada tahun 1980 . Pada tahun 1989 , Malta adalah tempat pertemuan puncak antara Presiden AS George HW Bush dan pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev , pertemuan pertama mereka tatap muka , yang menandai berakhirnya Perang Dingin .

Pada tanggal 16 Juli 1990, Malta , melalui menteri luar negerinya , Guido de Marco , diterapkan untuk bergabung dengan Uni Eropa . Setelah negosiasi alot , referendum diadakan pada tanggal 8 Maret 2003 yang mengakibatkan dalam pemungutan suara yang menguntungkan . Pemilihan umum yang diselenggarakan pada tanggal 12 April 2003 memberikan mandat yang jelas kepada Perdana Menteri , Eddie Fenech Adami , untuk menandatangani Perjanjian aksesi ke Uni Eropa pada 16 April 2003 di Athena , Yunani . Malta bergabung dengan Uni Eropa pada tanggal 1 Mei 2004. [ 63 ] Setelah Dewan Eropa dari 21-22 Juni 2007, Malta bergabung dengan zona euro pada 1 Januari 2008. [ 64 ]
politik
The Courthouse , Valletta .
Artikel utama: Politik Malta , Pemerintah Malta , dan Hukum Malta

Malta adalah sebuah republik [ 65 ] yang sistem dan administrasi publik parlemen erat dimodelkan pada sistem Westminster . Malta memiliki tertinggi kedua jumlah pemilih di dunia ( dan tertinggi untuk negara-negara tanpa suara wajib ) , berdasarkan pemilihan pemilih secara nasional pemilihan majelis rendah 1960-1995 [ 66 ] The unikameral DPR , ( Maltese : . Kamra tad - Deputati ) , dipilih dengan pemilihan umum langsung melalui suara dipindahtangankan tunggal setiap lima tahun , kecuali DPR dibubarkan sebelumnya oleh Presiden atas saran dari Perdana Menteri .

DPR terdiri dari 69 anggota parlemen . Namun, di mana partai memenangkan mayoritas mutlak suara , tetapi tidak memiliki mayoritas kursi , partai yang diberi kursi tambahan untuk memastikan mayoritas parlemen . Konstitusi Malta menyatakan bahwa presiden menunjuk sebagai perdana menteri anggota DPR yang paling mampu perintah ( mengatur ) mayoritas di DPR .
George Abela , Presiden Malta

Presiden Malta diangkat untuk masa jabatan lima tahun oleh resolusi Dewan Perwakilan Rakyat dilakukan oleh mayoritas sederhana . Peran presiden sebagai kepala negara adalah seremonial . Partai-partai politik utama adalah Partai Nasionalis , yang merupakan pesta demokrasi Kristen , dan Partai Buruh , yang merupakan partai sosial demokratis. Partai Buruh saat ini di pucuk pimpinan pemerintah , Perdana Menteri menjadi Joseph Muscat . Partai Nasionalis , dengan Simon Busuttil sebagai pemimpinnya , adalah bertentangan . Ada sejumlah partai politik yang lebih kecil di Malta yang saat ini tidak memiliki perwakilan di parlemen .

Sampai Perang Dunia II , politik Maltese didominasi oleh pertanyaan bahasa berjuang oleh Italophile dan Anglophile pihak . [ 67 ] Pasca Perang politik berurusan dengan pertanyaan konstitusional pada hubungan dengan Inggris ( pertama dengan integrasi maka independensi ) dan , pada akhirnya , hubungan dengan Uni Eropa .
pembagian administratif
Artikel utama: dewan lokal dari Malta
Pembagian administratif dari Malta .

Malta telah memiliki sistem pemerintahan daerah sejak tahun 1993 , [ 68 ] berdasarkan Piagam Eropa Lokal Self- Government . Ada saat ini 68 dewan lokal ( 54 di Malta dan 14 di Gozo ) . Enam belas " dusun " , yang merupakan bagian dari dewan yang lebih besar , memiliki Komite Administrasi sendiri . Tidak ada tingkat menengah antara pemerintah daerah dan pemerintah nasional dan tingkat dari enam kabupaten ( lima di pulau utama ) dan tiga wilayah ( Gozo , Malta Majjistral , dan Malta Xlokk ) melayani tujuan terutama statistik. [ 69 ]

Setiap dewan terdiri dari sejumlah anggota dewan ( dari lima sampai 13 , tergantung dan relatif terhadap populasi yang mereka wakili ) . Seorang walikota dan wakil walikota dipilih oleh dan dari anggota dewan . Sekretaris Eksekutif , yang ditunjuk oleh dewan , adalah eksekutif , kepala administrasi dan keuangan dewan. Anggota Dewan dipilih setiap empat tahun melalui suara dipindahtangankan tunggal . Orang-orang yang berhak memilih dalam pemilihan Maltese DPR serta warga penduduk Uni Eropa yang memenuhi syarat untuk memilih . Karena reformasi baru-baru ini dari sistem , tidak ada pemilihan umum akan diselenggarakan sebelum 2012 dari saat pemilu akan diselenggarakan setiap dua tahun untuk setengah bolak dewan .

Dewan lokal bertanggung jawab untuk pemeliharaan umum dan perhiasan dari lokalitas ( termasuk perbaikan jalan non - arteri ) , alokasi pengawas lokal dan menolak koleksi , mereka juga melaksanakan tugas administrasi umum untuk pemerintah pusat seperti pengumpulan sewa pemerintah dan dana dan menjawab pertanyaan publik terkait pemerintah .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar